Selasa, 10 November 2020

Pengujian Produk Materi PKK kelas 12

Your Ads Here

Pengujian Produk Materi PKK kelas 12
Your Ads Here

Apa Itu Pengujian Produk

nah teman teman, Konsep pengujian adalah proses yang menganalisis prosedur statistik, membentuk ulang, dan mengubah ide-ide mengenai ide dasar untuk produk.

Pengujian produk dilakukan karena produsen ingin mengetahui nilai dan daya guna barang tersebut sebelum dilempar kepasaran.

Pengujian Produk adalah strategi untuk meningkatkan aspek perlindungan konsumen. Pengujian produk merupakan tonggak awal datangnya era komsumsi modern.

Pengujian produk dapat dilakukan oleh pembuat produk yang bekerja sama dengan peneliti independent atau peneliti yang ditunjuk oleh pemerintah.

Pengujian produk memakai dasar metode pengujian ilmiah. Namun, terdapat pula beberapa pihak yang melakukan pengujian produk dengan metode ciptaannya sendiri demi memenuhi kriteria kriteria tertentu.

Tujuan Pengujian Produk

apa saja tujuan dari pengujian produk, tujuannya sebagai berikut :

  1. Memastikan bahwa persyaratan spesifikasi, regulasi dan kontrak produk dapat terpenuhi.
  2. Memutuskan apakah produk tersebut sudah berjalan di jalur yang semestinya.
  3. Alat demonstrasi produk
  4. Menetapkan kesesuaian produk terhadap penggunaan akhir.
  5. Menyediakan dasar komunikasi teknis suatu produk. 
  6. Menyediakan informasi perbandingan dengan produk-produk lain.
  7. Upaya menciptakan produk yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.
  8. Membantu pemecahan masalah terhadap kendala produk.
  9. Menentukan potensi penghematan dalam produksi suatu produk

Keuntungan dari pengujian produk

1.    Menjajal strategi pemasaran
Jika produsen produk perangkat keras hanya menjual satu produk saja, misal- nya produksi kreboard, perusahaan tersebut akan mengalami masalah dalam aspek pemasaran. Setiap perusahaan memiliki standar dan selera sendiri dalam memilih merek keyboard yang mereka anggap cocok digunakan. 
Adanya pengujian produk, Anda bisa mengetahui strategi pemasaran mana yang akan dapat diterapkan. Selain itu, produsen produk perangkat keras dapat membuang fitur-ftur yang tidak dibutuhkan oleh konsumen, yaitu masyarakat umum. Jadi, produsen produk perangkat keras dapat menghemat biaya produksi dan mengetahui konsumen jenis apa yang dapat dijadikan sasaran penjualan.

2. Memberikan informasi mengenai produk.
Dengan melakukan pengujian produk, perusahaan produsen perangkat kera akan mendapatkan masukan dari para konsumen mengenai produk yang akan diluncurkan. Mengapa demikian? Karena konsumen dan penguji adalah pihak yang paling mengetahui performa dari perangkat keras tersebut.

3. Sebagai upaya untuk mengatur strategi merek.
Konsumen membeli produk perangkat keras karena produsen tersebut memiliki merek yang terkenal atau memiliki reputasi dalam aspek keamanan dan performa produk. Dengan melakukan pengujian produk, perusahaan dapat mengetahui persepsi konsumen mengenai produk perangkat keras dalam kaitannya dengan keamanan dan performanya.

4. Membantu produsen mencermati kesalahan.
Perusahaan tidak akan pernah tahu cacat apa yang ada di dalam suatu pronduk sampai produk tersebut dipegang oleh para konsumen dan penguji. Dengan adanya pengujian produk,  produsen produk perangkat keras dapat mengerti cacat apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya pengembalian barang atau penggunaan garansi produk.

Kerugian pengujian produk

1. Pengujiann produk cenderung dapat membuat perusahaan membayar biaya ekstra.

Pengujian produk selalu memberikan risiko bagi suatu perusahaan. Risiko dalam proses pengujian produk biasanya berupa sampel, ukuran sampel yang tak sesuai, kesalahan pengukuran, dan kesalahan dalam mendeskripsikan produk yang diuji kepada konsumen. Namun, potensi kesalahan-kesalahan yang timbul dapat diatasi oleh metode analisis yang tepat. Masalah yang lebih besar akan timbul jika pengujian produk bersinggungan dengan tujuan bisnis
perusahaan. Sebagai contoh, pengujian produk yang memakan waktu sangat lama akan menurunkan tingkat permintaan suatu produk. Jadi, perusahaan akan merugi akibat turunnya permintaan atas produk tersebut.

2. Permasalahan dalam penerapan pengujian produk. 

Banyak pihak yang khawatir terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penerapan pengujian produk. Berikut permasalahan-permasalahan yang dapat timbul dalam pengujian produk : 
  • Menguji produk yang salah. Artinya, para penguji produk melakukan pengujian pada aspek yang salah dalam suatu produk.
  • Melakukan perbandingan dengan produk yang salah. Artinya, melakukan pengujian dengan pesaing bisnis yang lebih lemah.
  • Menanyai pihak yang salah. Artinya, melakukan wawancara dengan pihak yang tidak mengetahui seluk beluk atas produk tersebut.
  • Melakukan pengujian pada lingkungan pasar yang berbeda dari lingkungan pasar asli produk tersebut.
  • Melakukan pengujian kepada segmen konsumen dan tidak sesuai dengan produk.
  • Melakukan pengujian dengan penerapan harga yang keliru.
nah lalu, Siapa saja pihak yang berperan dalam pengujian produk? pihak yang berperan dalam pengujian produk adalah sebagai berikut :

1) Pemerintah

Peran pemerintah dalam pengujian produk adalah dengan menetapkan hukum yang menyatakan kewajiban produsen untuk menjelaskan dan menjamin keamanan produknya. Sehubungan dengan perangkat keras, pemerintah mengatur standardisasi perangkat keras dalam Peraturan. Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

2) Perusahaan

Peran perusahaan dalam pengujian produk adalah menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan standar perusahaan. Biasanya, standar yang diterapkan adalah standar fakultatif (artinya, perusahaan tersebut menetapkan aturan untuk dirinya sendiri), dan standar wajib (dikeluarkan pemerintah).

Nah segitu dulu artikel yang saya buat hari ini teman teman mengenai Pengujian Produk pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan).

Blog ini adalah tempat untuk penyedia berbagai macam tutorial, tips, dan info menarik lainnya. Admin berharap pengunjung dapat lebih mudah mencari apa yang di inginkan dan mendapatkan informasi yang menarik di blog ini.