Pengertian Firewall, Fungsi Firewall, dan Jenis Jenis Firewall.

Apa Itu Firewall ?

Firewall atau dinding api dalam terminologi bahasanya dapat diartikan sebagai dinding perangkat lunak yang sengaja diciptakan untuk mengerjakan prosedur keamanan dalam networking. firewall dalam sebuah networking bertugas untuk memproteksi, menyaring keluar masuknya data dalam jaringan serta menjamin setiap traffik data berjalan dengan baik serta sesuai ketentuan dan kebijakan yang ditentukan.

Firwall merupakan suatu cara atau mekanisme yang diterapkan pada hardware, software, atau jaringan dengan tujuan untuk melindungi dengan menyaring membatasi atau menolak seluruh hubugan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan runang lingkupnya segmen jaringan tersebut dapat berupa software, router dan LAN.

Firewall bekerja sama dengan router yang memeriksa setiap packet jaringan agar dapat menentukan apakah sebuah akses diizinkan untuk menujuarah tujuannya selain itu firewall juga bekerja dengan proxy server yang bertugas untuk membuat permintaan jaringan atas nama pengguna workstation.

Fungsi Firewall

  1. Menyaring data yang keluar dan masuk sesuai dengan security police yang telah ditetapkan, dalam firewall hanya terdapat 2 jenis aksi yaitu accept (diterima) deny (ditolak).
  2. Melimit setiap request baik itu in maupun out yang menuju atau keluar dari jaringan yang sebaliknya.
  3. Menjamin data yang ditransmisikan dalam keadaan terenkripsi dan terjaga privalegenya untuk menjaga kerahasiaan informasi organisasi atau perusahaan serta  keamanan data.
  4. Mengatur hak akses user dengan kebijakan perusahaan untuk akses oleh pihak pihak yang tidak memiliki hak terhadap jaringan dan server yang cenderung merusak sistem jaringan
  5. Meminimalisasi masuknya virus, trojan, spam dan banner yang sering kali menghabiskan bandwidth kita serta menginfeksi komputer komputer dalam jaringan
  6. Dapat dimanfaatkan sebagai forwarding atau redirect service layanan tertentu  ke sebuah mesin dalam jaringan  contohnya akses port 1000 ssh akan diredirect ke komputer dengan ip address 10.10.1.1 port 22.
  7. Memodifikasi isi paket data yang dtransmisikan seperti mengkapsulasi paket dalam bentuk enkripsi
  8. Sebagai autentikasi aket data yang dikirimkan atau diterim
  9. Sebagai pengatur bandwidth
  10. Merekam semua catatatn kegiatan pada saat terjadinya ransmisi data baik yang keluar maupun masuk
  11. Mencegah atau memblok ativitas yang dirasa mencurigakan sperti melakukan DNS poisoning, SQL injection dan XSS injection

Jenis Jenis Firewall

Software Firewall

Software Firewall adalah aplikasi yang dapat berbentuk program aplikasi serta sistem operasi yang diinstall dan dijalankan pada mesin komputer yang difungsikan sebagai sistem firewall jaringan sehingga teknik ini lebih murah biayanya.

Hardware Firewall

Firewall berbentuk hardware adalah sistem firewall dengan perangkat hardware yang telah terpasang software atau sistem operasi khusus, firewall berbentuk hardware yang bertujuan keamanan jaringan seperti cisco, routerboard dan cyber room mg kelemahannya adalah biaya pemasangan dan maintenance yang mahal dibandingkan software firewall.

nah sekian dulu teman teman penjelasan mengenai firewall. jangan lupa klik iklan, komen and share