Mengenal Apa itu Proxy Server, Jenis, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

November 09, 2020

Pengertian Proxy Server

Nah teman teman apa sih Proxy Server itu? pada dasarnya Proxy Server berperan sebagai perantara antara client dan server jaringan luar setiap request komputer client akan diperiksa dalam Porxy melalui port tertentu yang secara default melalui port 3128.

Proxy server akan memeriksa permintaan protokol http dan https dari client contohnya : port 80, port 8080 dan port 443 sebelum diteruskan ke server tujuan.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah versi aman dari HTTP yang dilapisi SSL/TLS. Pada https port yang digunakan adalah port 443 dengan menggunakan https informasi akan lebih aman karena pada dikirimkan informasi akan di enrcptcy terlebih dahulu.

Misalnya ada seseorang yang memiliki sebuah konten web. Dan dia sudah menyimpan file konten web ini di sebuah server. Ada sebuah client atau seseorang yang ingin membuka web itu file tersebut akandikirimkan ke client namun jika konten web yang diinginkan client ternyata belum ada atau belum dibuat atau dibuat disebuah server maka proxy server client akan mencarinya ke server tujuan atau server yang memiliki web, kemudian disimpan didalam disc dan dibagikan dikomputer client dengan mekanisme ini akses webpagedari komputer client menjadi lebih cepat. Apakah fungsi proxy server ini hanya catching saja. Catch seperti sebuah web yang sudah kita buka namun data sudah tersimpan. Tentu tidak.


Fitur dan layanan proxy server yang dapat dijalankan

1. Caching konten web yaitu sebagai penyimpan konten web yang diakses client dari server tujuan sehingga mempercepat akses web.

2. Filtering sebagai mekanisme pengaturan akses jenis jenis website yang dapat diakses atau diblokir misalnya berdasarkan url, keywor, dan jenis kontennya.

3. Connection sharing pada umumnya proxy server dijadikan satu dengan perangkat router walaupun dapat juga berdiri sendiri namun tetap saja setiap permintaan protokol http dan https akan diarahkan router firewall menuju proxy server dapat dikatakan koneksi ke jalur internet eksternal dari cient akan diatur melalui proxy server.

4. Limit bandwidth, jadi proxy server ini juga memiliki kemampuan manajemen bandwidth bisa membatasi berapa bandwidth yang akan digunakan

5. Pengaturan akses jaringan, dengan menentukan dan mengalokasi alamat jaringan kita dapat menentukan IP Adress mana saja  yang dapat mengakses proxy dan alamat situs  diluar jaringan yang tidak boleh diakses.

6. Autentikasi, dengan proxy kita dapat menyertakan mekanisme autentik pada user ketika hendak mengakses situs diluar jaringan. Jadi autentikasi ini dapat kita berikan dengan mendaftarkan username dan password terlebih dahulu dalam sistem sehingga dapat digunakan untuklogin sebelum mengakses situs tertentu. Hal ini bisa kita temukan pada aplikasi sepertibrowser pada umumnya

7. Securitiy, fitur utama pada proxy server adalah meningkatkan sebuah  keamanan jaringan antara lain dengan membatasi jenis file berdasarkan ekstensi tertentu ketika diakses user pada web


Kelebihan Proxy Server

1. Performa akses web dari komputer client  menjadi lebih cepat

2. Meningkatnya keamanan jaringan

3. Terdapat filter filter konten yang terindikasi  menjadi virus malware dan intrucion


Kekurangan dari Proxy Server

1. Harus menyediakan komputer server yang secara khusus untuk menangani fungsi server.

2. Setup awal akses proxer menjadi lebih lambat jika data atau konten web yang dituju belum pernah disimpan dalam disc catch.

3. Jika hard disc penuh akses web menjadi lebih lambat oleh karena itu perlu penambahan sebuah harddisck baru sebagai media penyimpanan tambahan.

Jenis jenis porxy berdasarkan konfigurasinya ada 2 metode penggunaan proxy dan cara konfigurasi port pada komputer client :

1. Transparent Proxy

Dari sisi pengaturan port web browser komputer client tidak memerlukan konfigurasi tambahan apapun terkait penggunaan  port layanan protocol http. Setiap permintaan port layanan protoko; http pada port 80  atau port 8080 akan selalu diarahkan pada port proxy server.

2. Non transparent proxy

Kita diharuskan mengkonfigurasi port proxy pada pengaturan web browser client sesuai dengan port yang disediakan  oleh proxy server


Jenis proxy berdasarkan penggunaannya

jadi teknologi proxy dapat dibedakan beberapa jenis :

1. Transparent proxy

Pada umumnya orang orang sering menggunakan ini karena muda. Metode  Trasnparent proxy ini untuk melakukan koneksi ke eksternal jaringan terdapat beberapa tambahan, contoh IP Address kita tidak akan disembunyikan sehingga dapat dilihat dan dimonitor dari jaringan luar bahkan karena aktifitasnya dianggap mencurigakan bisa jadi Ip Address komputer kita akan diblokir. Jadi jenis ini sering digunakan oleh pemerintah besar dan Instansi pemerintah untuk memfilter akses internet dan privasi informasi local yang tidak boleh diakses dari luar. Contoh kita membuka situs situs yang negatif atau berbau pornografi bisa saja ip address kita diblok karena  dari ISP sudah memasang keamanan di proxy servernya.

2. Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Metode ini adalah perbaikan metode dari Transparent. Disini IP Address client akan disamakan atau disembunyikan dan diganti dengan IP Address lainnya.

3. High Anonymity proxy

Tipe ini memosisikan sebagai layanan proxy sebagaimana mestinya karena ip proxy server tidak terdefinisi secara pasti. Ketika client memanfaatkan fitur ini untuk  mengakses website di internet ip address kita tidak akan dibaca web server karena akan dianggap client biasa

4. Distorting proxy

Cara kerjanya hampir mirip dengan Anonymous Proxy yaiut dengan menyembunyikan Ip Address clientnya. Bedanya, anonim proxy mengubah bagian alamat IP asli, sedangkan untuk jenis proxy ini adalah merekayasa IP address penggunanya. Sedangkan IP address asli yang mereka miliki bisa dilihat melalui HTTP Header.

5. Reverse proxy

Reverse ini mirip seperti website mirroring. Contooh mengakses website A akan diarahkan terlebih dahulu menjadi sebuah reverse proxy dengan kata lain reverse proxy akan memproteksi web serevr yang asli teknik ini sering digunakan untuk memperkuat sistem Firewall jaringan.

Nah teman teman itulah penjelasan mengenai Pengertian Proxy Server, jenis jenisnya, fitur -fiturnya, kelebihan dan kekurangannya. nah teman teman hanya ini saja dahulu artikel hari ini jangan lupa like artikel saya, follow akun blogger dan subscribe melalui email. see you next time!!