Dalang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

 


Kabar duka untuk pecinta seni, bahwa Dalang Ki Seno Nugroho yang berasal dari Bantul, Yogyakarta, meninggal dunia, Selasa (3/11/2020) malam.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun... Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah (Dunia hanya mengantar pada kematian, tetapi derma membawa manusia sampai pintu surga Gusti Allah)," tulis akun @kiaikanjeng, pada Selasa, 3 November 2020.

Ki Seno meninggalkan dunia pada usia 48 tahun. Beliau memasuki dunia perdalalangan pada usia 10 tahun. Belum diketahui penyebab meninggalnya dalang yang populer di kalangan penikmat wayang ini.

Pria yang  kelahiran Jogja, 23 Agustus 1972 itu terjung ke dunia pewayangan saat masih duduk di Sekolah Menengah Kesenian Yogyakarta. Awal mula terjun ke dunia tersebut pun lantaran kekagumannya terhadap sosok Ki Manteb Soedharsono yang membuat dia tertarik pada pedalangan dan terus menggelutinya.

Sampai sekarang ini Dalang Ki Seno Nugroho belum mempunyai sanggar perdalangannya sendiri. Dia mempunyai kelompok karawitan sendiri yang diberi nama Wargo Laras dengan jumlah anggotanya kurang lebih sekitar 50 orang.

Perlu diketahui bahwa Dalang Ki Seno mampu mengajak anak muda millenial kembali duduk di alas seadanya untuk menyaksikan pagelaran wayang semalam suntuk

Bahkan bagi yang ridak bisa menonton langsung dilokasi , bisa streaming melalui akun youtube pribadinya

Seno menggunakan sarana media sosial untuk menyiarkan pementasannya cukup efektif mengenalkan wayang kepada anak muda

jika ada kesalahan dari artikel ini mohon maaf, jangan lupa komen dan subscribe my blog.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal” dan Tribunnewsmaker.com dengan judul "BEGINI Canda Dalang Ki Seno Nugroho di WhatsApp, Siapa Sangka Malam Harinya Meninggal, Sahabat Syok!,