Pengertian Adobe Illustrator dan Fungsinya

 Adobe Illustrator adalah sebuah software perangkat lunak atau program design grafis vektor yang dikembangkan oleh Adobe. vector merupakan sekumpulan titik dan garis yang saling terhubung yang merupakan perpaduan dari warna-warna sehingga membentuk sebuah objek menggambar yang  diciptakan oleh Adobe Systems yang menggunakan vektor. Nah dibawah ini adalah salah satu hasil dari image vektor.


Nah teman teman, Adobe sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tentu saja! Setiap kali kita ingin mempelajari tentang design grafis, multimedia, dan hal lannya selalu berkaitan dengan adobe seperti adobe photoshop, adobe illustrator, adobe after effect dan masih banyak lainnya. Jadi apa itu Adobe?

Adobe adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang paling besar di dunia.

Program ini terkenal di kalangan desainer grafis karena kualitas warna pada file output-nya. Illustrator mampu menampilkan peramater warna cetak CMYK pada layar monitor RGB hampir 100% presisi dengan hasil cetaknya. Sementara di aplikasi vektor lain desainer perlu banyak melakukan konfigurasi manajemen warna monitor terlebih dahulu sebelum mencapai warna yang hampir presisi di hasil cetaknya.

Adobe illustrator itu sendiri diciptakan pada tahun 1986 dan dirancang untuk bekerja dengan komputer Macintosh.Perusahaan tidak memiliki persentase besar dari pasar, dan alat-satunya perangkat lunak yang mampu menantang Adobe Illustrator adalah LaserWriter, alat yang diproduksi oleh Apple. Adobe Illustrator adalah alat yang ampuh yang memiliki kurva belajar rendah. Meskipun ini, terkenal dengan tingkat presisi. Banyak orang telah menemukan Adobe Illustrator untuk menjadi alternatif yang berguna untuk alat desain kompleks seperti AutoCad. Selain ini, Adobe Illustrator tempat penekanan pada lukisan, sesuatu yang hilang dari AutoCad ketika pertama kali diperkenalkan.

Nah teman teman, Setiap versi-versi Illustrator itu memiliki fitur-fitur baru yang tidak akan ditemukan di Illustrator versi sebelumnya. Karena itu, bila user ingin menggunakan Illustrator dengan fitur terlengkap, user harus menginstall Illustrator versi terbaru dan ter-update. Adobe mulai mengembangkan Illustrator pada tahun 1985. Meski mulai dikembangkan sejak tahun 1985, namun Illustrator baru resmi dirilis pada Januari 1987.

Kemudian pada tahun 1990, Adobe merilis Illustrator untuk platform NeXT, Silicon Graphics, dan Sun Solaris. Alhasil, Illustrator untuk platform tersebut tidak dilanjutkan karena anjloknya penerimaan pasar. Rilis Illustrator sejak versi 1 sampai versi 5 masih dalam masa penjajakan, pihak Adobe belum konsisten akan fokus pada platform apa. Adobe baru bisa konsisten terhadap pilihan platform mulai pada versi 7. GUI interface mulai dirombak kembali serta disesuaikan lagi, untuk mencapai konsistensi antara platform Mac dan Windows yang sudah menjadi dua (2) platform yang dipilih Adobe sejak saat itu.

Illustrator juga mendukung file PostScript . Dukungan untuk PostScript diperbolehkan pengembang untuk menciptakan program yang secara khusus dirancang untuk membuat file Illustrator. Ketika Adobe Illustrator 1.1 diperkenalkan, itu menampilkan video yang menunjukkan John Warnock pengajaran penggunaan program. Satu-satunya fitur yang Illustrator kekurangan untuk jangka waktu yang panjang adalah campuran atau gradien mengisi. Bahkan, fitur ini tidak akan sering terlihat sampai rilis dari Adobe Illustrator 5. Sebagai sebuah perusahaan, Adobe dikenal karena mengambil risiko dengan rilis Illustrator, terutama ketika datang ke antarmuka.

Sementara Illustrator awalnya dirilis untuk Macintosh, ia dirancang untuk platform lainnya pada awal 1990-an.Beberapa platform yang didukung adalah Adobe Illustrator Sun Solaris, SGI IRIX, dan MS Windows. Namun, perangkat lunak tidak melakukan dengan baik pada banyak platform, dan dukungan bagi mereka dijatuhkan. . Program menggambar yang ideal untuk OS Windows CorelDraw. Beberapa perubahan besar dibuat ke versi 6 Illustrator yang diperkenalkan pada tahun 1996. hingga sampai saat ini TrueType  masih didukung , dan ini menyebabkan persaingan antara TrueType  dan PostScript yang lebih tua.  adapun komponen-komponen adobe illustrator adalah sebagai berikut : menu bar pada adobe illustrator , toolbox , navigator dan info , color dan color guide , stroke , gradient transparency , layers, action, dan Links.

Fungsi Illustrator

Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator adalah sebagai software editing gambar vektor. akan tetapi secara lebih khusus lagi, sobat komputer dapat menggunakan Adobe Illustrator untuk keperluan membuat desain – desain sebagai berikut :

Membuat desain logo

1. Desain Aplikasi

2. Desain Gambar

3. Desain Wallpaper

4. Desain Kartun

5. Desain Ikon

Dll

Nah begitu beberapa penjelasan terkait adobe illustrator teman teman. Bagi teman teman terima kasih sudah melihat blog saya silahkan komentar yaa jika ada yang ingin ditanyakan. semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat teman teman paham mengenai Adobe Illustrator dan fungsinya

salam