Mengenal Pengertian Dedicated Hosting, Konsep Kerja, kelebihan, kekurangan dan Perbedaannya

Oktober 26, 2020

Pengertian Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah fasilitas server dengan skala penuh kepada hanya satu buah akun penyewa. Dedicated Hosting Server merupakan sebuah server hosting virtual yang disediakan secara mandiri oleh user maupun sewa dari penyedia layanan server pusat, dedicated hosting server termasuk jenis server pribadi yang hanya digunakan oleh satu seorang user saja, yang berfungsi sebagai media penyimpanan dari perusahan yang dimilikinya. Dedicated Hosting server cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan resource yang besar serta memiliki traffic website yang tinggi, module tertentu yang tidak ditemukan di alyanan shared hosting serta tingkat keamanan data yang tinggi. 

Dedicated Hosting server ini berfungsi sebagai layanan web hosting dengan sumber daya mandiri yang dikelola dan digunakan sepenuhnya untuk keperluan pribadi. Layanan web hosting ini memungkinkan klien untuk dapat menyewa seluruh server yang terletak di data pusat tanpa adanya gangguan dari siapapun.

Konsep dan Cara Kerja

Konsep yang ditawarkan Dedicated hosting server ini adalah satu hosting server yang hanya digunakan dan memiliki akses penuh terhadap administrasi server dan website oleh 1 pengguna saja. Artinya pengguna memiliki root access server dan memiliki wewenang penuh memanajemen server (mengonfigurasi, menginstal, mengelola dll) dan websitenya tanpa adanya pengguna lain. Pengguna bisa menggunakan sumber daya/resource server dan memanajemen servernya secara bebas dan leluasa karena administrasi server dikelola atau dimiliki oleh pemilik server.

Cara kerja Dedicated Hosting Server hampir mirip dengan VPS server namun Dedicated Hosting Server lebih handal dibandingkan VPS server. Pengguna melakukan instalasi sistem operasi (Operating System) sendiri, memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda gunakan sendiri, menginstal software aplikasi yang digunakan untuk menunjang kegiatan server sendiri dan lain-lain. Karena pemilik memiliki akses penuh terhadap manajemen server.  Pemilik juga bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Pengguna tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani pengguna selama mengelola website. Pengguna bisa memilih atau menyediakan spesifikasi server yang diinginkan, yang kemudian ditempatkan pada sebuah data center. Alasan di tempatkan pada sebuah data center adalah server terlindungi dari banjir, tahan gempa, dan butuh sirkulasi suhu khusus untuk server. Meskipun pengguna bebas menggunakan dan mengatur server, jika terjadi sesuatu dengan data center maka server anda akan terkena imbasnya

Jika dianalogikan/ibaratkan konsep dan cara kerja dari dedicated hosting server adalah sebuah gedung yang Anda tempati sendiri. Anda bebas menggunakan dan mengatur segala fasilitas didalamnya. Gedung ini terletak di sebuah kompleks yang disebut data center. Walaupun bebas, jika terjadi sesuatu dengan data center Anda maka gedung/server yang Anda miliki dapat terkena imbasnya misalnya mati listrik atau bencana alam.

Kelebihan Dedicated Hosting Server :

1 Server fisik yang hanya dipergunakan untuk Anda.

memiliki akses root server.

Anda yang menerapkan aturan sendiri.

Kontrol penuh untuk meningkatkan spesifikasi server sendiri.

Resource yang besar untuk Anda sendiri.

Kekurangan Dedicated Hosting Server :

Diperlukan pengetahuan dasar tentang server dan sistem operasi.

Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi dari shared hosting.

Harus menginstall control panel sendiri.

Jika melakukan upgrade/downgrade maka akan mengalami downtime karena server harus dimatikan.

Sebenarnya apa sih perbedaan antara dedicated hosting/server?

Dedicated Hosting  :  Sebuah pnyedia  layanan hosting  berbentuk virtualisasi server bersifat premium, misalnya  pelanggan hanya tinggal fokus dengan bisnisnya, karena untuk urusan manage server virtual. Dedicated lbih ke Soft nya..

Sedangkan  Dedicated server : Bentuk fisik yg digunakan untuk melakukan playanan hosting.. semkain baik spesifikasi fisik server misal prosesor maka semakin baik kinerja layanan hosting nya.. dedicated server lbih ke hard nya.

Jadi dedicated hosting Server adalah memberikan/menyediakan playanan jasa hosting berbentuk virtualisasi  yg melakukan manange server bersifat premium untuk keperluan plnggan.