Rabu, 14 Oktober 2020

Mengenal Apa itu Cloud Computing : Definisi, Analogi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Dan Cara Kerja.

Your Ads Here

Mengenal Apa itu Cloud Computing : Definisi, Analogi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Dan Cara Kerja.
Your Ads Here

Pengertian Cloud Computing

Apa itu cloud atau clound computing? Secara bahasa dapat diartikan sebagai komputasi awan. Jika diperhatikan secara simbolik dan abstrak, terbagi menjadi dua buah kata kunci, yani awan atau koneksi internet global yang menghubungkan setiap host atau terminal dalam sebuah jaringan dunia serta abstraksi computing yang berarti media atau tenologi komputer (informasi). cloud computing itu adalah aktivitas yg dilakukan melalui jaringan komputer virtual yg didalamnya ada proses, input, output serta 1 storage utama sebagai data base server, dan juga terdapat 1 akun sebagai server/induk utama yg digunakan untuk membagikan layanan ke  share akses data kefitur data yg lainnya..

Beberapa jenis analogi dan definisi yang sering diuraikan untuk menjawab apa sebenarnya definisi cloud computing tersebut, meski sebenarnya memiliki konsep yang sama :

1. Cloud computing merupakan  kolaborasi beberapa layanan server secara gratis atau berbayar yang terhubung satu sama linnya melalui jaringan internet sebagai sebuah fitur layanan yang ditujukan bagi para penggunanya ketika menggunakan peranti keras komputer

2. Cloud computing merupakan teknologi informasi yang mengedepanan metode SaaS yang memberikan pemahaman bahwa apapun hardwarenya, sistem operainya, aplikasinya, dan siapun vendor pembuatnya maka semua dapat terhubung satu sama lainnya

3. Definisi berikut adalah  memberian referensi bahwa semua aktivitas yang berkaitan dengan informasi dan data digital yang bai dikerjakan secara simultan, stand alone, maupun bersifat corporate, group, dan terkoneksi dengan internet akan dilayani secara tersentralisasi atau terdistribusi dalam beberapa layanan server.

4. Menurut badan standarisasi IEEE dalam publikasi makalah tahun 2018, cloud computing adalah sebua teknologi yang menyediaan fitur penyimpanan data (data center) secara tersentralisasi di server (internet)  maupun di sisi perangkat klien seperti notebook, laptop, smarthphone, tablet, omputer dll.

5. Selanjtnya dari beberapa konsep dan pengertian sebelum dapat diambil garis besar bahwa sebenarnya clodn computing merupakan teknologi informasi yang memungkinkan para pengguna dapat menyimpan data dan menggunakan layanan secara virtual pada server server data di internet sehingga memnungkinkan terjadinya sharing data dan perangkat kepada  pengguna lainnya.

 Karakteristik Utama

Kelebihan utama cloud computing adalah teknologi dengan jargon “Everythink as a service” XaaS yang telah berhasil mengombinasian virtualized physical source maupuan virtualized infrastucture. Ada lima karakter utama yang harus dipenuhi sistem cloud computing :

1. On Demand self service

Pengguna dapat memilih, memesan, serta memanajemen layanan atau fitur dalam cloud sesuai dengan kebutuhan, misalnya kebutuhan portal web membutuhkan akses FTP, Cpanel, dan lainnya.

2. Resource Pooling 

Pengertian utamanya adalah sumber daya terkelompok. Provider layanan cloud akan menempatkan beberapa server layanan dalam sebuah lokasi data center dengan menerapkan metode multi-talent yang memberikan kemudahan pada user untuk menggunakan resource tersebut secara bersama sama baik secaa fisik maupun virtual

3. Broad networ acces

Untuk memperoleh layanan dalam cloud computing, dibutuhkan saran dan infrastructur yang memadai, antara lain jaringan yang mensupport kecepatan tinggi dan bandwidth yang lebar

4. Rapid Elasticity

Kemudahan lainnya yang harus tersedia dalam layanan cloud computing adalah pengguna dengan mudah memanajemen jenis layanan yang diinginkan.

5. Measured Service

Setiap layanan yang ditawarkan dalam sistem cloud harus memiliki standar penggunaannya, yaitu dapat dikelola dan diukur, serta dimonitor penggunaannya, seperti sisa alokasi media penyimpanan google drive, sisa memori dan CPU. Harapannya adalah akan membantu user dalam mengatur dan menentukan kisaran pembiayaan yang akan dikeluarkan dalam aktivitasnya.

Jenis Cloud Computing

Dilihat dari sisi jangkauan layanan, cloud coputing dapat dibedakan menjadi empat jenis kategori layanan yaitu :

1. Public Cloud

Merupakan layanan cloud yang paling umum digunakan. Penggunaan tipe ini dapat bersifat personal, organisasi, perusahaan, group lembaga resmi sehingga memungkinkan tipe ini mudah diterapkan.

2. Private Cloud

Merupakan infrastruktur layanan cloud yang bersifat privasi, yaitu hanya dapat diakses dan dioperasikan oleh kalangan tertentu. Biasanya digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis dengan frekuensi besar. Tipe layanan ini bisa dikelola sendiri atau bisa juga oleh pihak lain yaitu pihak jasa provider

3. Community cloud

Model ini merupakan pengembangan dari model private cloud. Kelebihan tipe ini adalah layanan dan infrastruktur dapat digunakan secara bersama  sama oleh beberapa organisasi yang memliki visi, misi dan kepentingan bisnis yang sama.

4. Hybrid Cloud

Dinamakan hybrid karena merupakan kombinasi atau gabungan dari dua atau lebih model cloud computing, misalnya jenis private cloud dengan community cloud atau antara private cloud, community cloud dan hybrid cloud. Meskipun masing masing group cloud berdiri sendiri, tetapi mereka dapat saling terhubung satu sama lain tanpa mengabaikan integritas data yang ada.

Dari sisi model delivery layanannya, sistem cloud computing dapat digolongkan 3 jenis, yaitu:

1. Software as a Service (SaaS)

Merupakan jenis model layanan yang pertama kali deikembangkan sebagai bentuk generasi baru model sebelumnya, yaitu ASP atau Application Server Provider. Dengan SaaS, pengguna tidak perlu invetasi awal atau menyimpan deposito sebagai jaminan sebelum menggunakan layanan cloud.

2. Platform as a Service (PaaS)

Tipe ini bercirikan dengan fitur layanan yang menyediakan beragam modul atau procedure atau function yang dapat dipanggil untuk membangun atau mengembangkan aplikasi yang dapat berjalan pada platform layanan cloud tersebut. Disamping it pengguna tidak memiliki wewenang untuk mengendalikan memanajemen hardware sistem.

3. Infrastruktur as a Service (IaaS)

Model IaaS lebih cenderung dalam hal jasa penyewaan  resource infrasturkture hardware, seperti aloksi space hard disk, CPU, memory, network, dan lainnya.

Manfaat Cloud Computing

Manfaat dalam menerapkan teknologi cloud computing dalam sistem teknologi informasi yang dibangun :

1. Fleksibel, dengan menerapkan cloud computing, setiap pekerjaan dan data data penting dapat dibakcup serta diakses dengan mudah

2. Skalabilitas, memberikan kemudahan dan meningkatkan kapasitas , kapabilitas, dan performance sistem

3. Murah pembiayaannya

4. Manageable, dalam hal pengaturan atau kustomisasi fitur dan beban biaya, cloud lebih ringan serta lengkap

5. Responsibilitas data menjadi lebih cepat

6. Kehandalaan dan kestabilan yang baik

7. Infrastruktur yang lebih handal

8. Catatan log yang terstruktur dan tertata membuat pengguna dan administrator lebih mudah menelusuri kesalahan.

Kelebihan dari Cloud Computing

1. Mudah Di Akses dimana saja

Karena menggunakan cloud computing data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.

2. Murah pembiayaannya

Penggunaan cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

3. Fleksibel, dengan menerapkan cloud computing, setiap pekerjaan dan data data penting dapat dibakcup serta diakses dengan mudah

4. Skalabilitas, memberikan kemudahan dan meningkatkan kapasitas , kapabilitas, dan performance sistem

5. Aman

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan cloud computing karena sudah pasti aman dan terjamin asalkan mencari partner yang memang sudah mempunyai mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

6. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan cloud computing sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

7. Catatan log yang terstruktur dan tertata membuat pengguna dan administrator lebih mudah menelusuri kesalahan.

8. Kehandalaan dan kestabilan yang baik

9. Responsibilitas data menjadi lebih cepat

10. Manageable, dalam hal pengaturan atau kustomisasi fitur dan beban biaya, cloud lebih ringan serta lengkap

Kekurangan dari Cloud Computing

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus. Nah dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

2. Harus Cari Vendor Yang Sudah Standarisasi untuk Menjamin Keamanan

Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti Anda mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Untuk itu anda harus mencari partner cloud computing yang sudah mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

Cara Kerja

Cara kerja dari Cloud Computing adalah Sistem Cloud bekerja menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet agar dapat mendapatkan akses untuk menjalankan aplikasi yang dibutuhkan tanpa melakukan instalasi. Media penyimpanan data dan juga instruksi dari pengguna disimpan secara virtual sehingga pengguna tidak akan terbebani dengan penggunaan memori atau tempat penyimpanan pada komputer pengguna. Intruksi-intruksi tadi kemudian melalui jaringan internet dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah instruksi diterima di server aplikasi maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya. Sebagai contoh lewat penggunaan Gmail. Data di beberapa server diintegrasikan secara global tanpa harus mendownload software untuk menggunakannya. Pengguna hanya memerlukan koneksi internet dan semua data dikelola langsung oleh Google. Semua intruksi akan terintegrasi secara langsung melalui sistem Cloud menggunakan komputer yang terhubung ke internet.

Kelebihan kelebihan dalam setiap fitur dengan cloud computing harus memenuhi beberapa fungsi seperti virtualized, multi tenancy, linierly scalable, self healing, resource registration and discovery, serta resource monitor dan measure.


Blog ini adalah tempat untuk penyedia berbagai macam tutorial, tips, dan info menarik lainnya. Admin berharap pengunjung dapat lebih mudah mencari apa yang di inginkan dan mendapatkan informasi yang menarik di blog ini.